Informasi

empty
INFORMASI UMUM

Ma’had Abdurrahman Bin auf malang adalah salah satu Lembaga Pendidikan Bahasa Arab dan Studi Islam di Indonesia hasil kerjasama antara Pimpinan Pusat Muhammadiyah melalui Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dan Asia Muslim Charity Foundation (AMCF/ Yayasan Muslim Asia). AMCF adalah organisasi sosial, nirlaba dan nonpolitik yang telah berkiprah di Indonesia sejak tahun 1992 dan secara resmi dibentuk pada tahun 2002 dengan nama Yayasan Muslim Asia atau Muasasah Muslimy Asia Al-Khairiyah yang berkantor pusat di Matraman, Jakarta.

Tujuan utama pendirian lembaga ini adalah untuk memberikan kesempatan besar terhadap masyarakat luas khususnya para pendakwah untuk dapat mempelajarai Bahasa Arab sebagai Bahasa Al Qur’an dan untuk menyebarkan pengajaran Bahasa Arab dan Studi Islam di Indonesia khususnya di wilayah Malang Raya.

Ma’had Abdurrahman bin ‘Auf didirikan pada tahun 2004 dan berlokasi di Masjid AR. Fachruddin Lantai V Kampus III Universitas Muhammadiyah Malang. Pengelolaan lembaga ini berada dalam kendali Asia Muslim Charity Foundation (AMCF) yang berkantor pusat di Jakarta. Namun demikian, sebagai perwujudan pelaksanaan kerjasama yang telah disepakati, Ma’had Abdurrahman bin ‘Auf juga berada dalam naungan Universitas Muhammadiyah Malang, melalui Fakultas Agama Islam.